Jumat, 14 September 2007

malam pertama tarawih

assalamualaikum...

hari ini kita insyaallah menyelesaikan puasa yang kedua kalinya.tapi masyaallah, tengah hari gini sudah panaas nemen. kalo hari biasa pasti sudah minum teh anget dari tadi neh (jgn coba dibayangin rasanya lho, klo puasa kita batal gmn?weleh..weleh...).

saya teringat kisah pak ustad ttg cerita 3 bani israil yang ditemui malaikat.orang pertama punya penyakit sopak(pnykt kulit), yang kedua punya penyakit botak, dan yang ketiga punya penyakit buta.

malaikat menemui si sopak,"hai fulan,karunia apa yang sekarang kamu inginkan?", si sopak menjawab,"aku ingin kulitku bersih kembali", lalu atas ijin allah ,malaikat menyembuhkan orang sopak itu.kemudian malaikat bertanya lagi"setelah kamu kusembuhkan, modal apa yang kamu inginkan?", si sopak menjawab"aku ingin 10 ekor unta", lalu malaikat menyanggupi permintaannya dan pergi.

lau malaikat pergi menemui si botak,"hai fulan,karunia apa yang sekarang kamu inginkan?", si botak menjawab,"aku ingin rambutku tumbuh indah kembali", lalu atas ijin allah ,malaikat menyembuhkan orang botak itu.kemudian malaikat bertanya lagi"setelah kamu kusembuhkan, modal apa yang kamu inginkan?", si botak menjawab"aku ingin 10 ekor unta dan 10 ekor sapi yang sedang bunting", lalu malaikat menyanggupi permintaannya dan pergi.

kali ini malaikat menemui si buta,"hai fulan,karunia apa yang sekarang kamu inginkan?", si buta menjawab,"aku ingin dapat melihat manusia", lalu atas ijin allah ,malaikat menyembuhkan si buta. kemudian malaikat bertanya lagi"setelah kamu kusembuhkan, modal apa yang kamu inginkan?", si buta menjawab"aku ingin 1 ekor anak kambing", lalu malaikat menyanggupi permintaannya dan pergi.

10 tahun setelahkejadian itu ketiga 3 orang bani israil itu menjadi kaya raya. kemudian malaikat menemui mereka.kepada orang yang dulu pernah sopak, malaikat menyamar sebagai orang miskin dan berkata,"hai saudaraku,aku adlh orang yang dulu pernah menyembuhkanmu dari penyakit sopak,maukah kamu memberiku beberapa hewan ternakmu?", si sopak memaki2 orang tsb karena merasa dibohongi oleh pengemis tua itu.

ketika malaikat datang pada orang yang dulu pernah terkena penyakit botak, orang itu menjawab,"tak mungkin pengemis tua seperti kamu pernah menyembuhkan aku, dasar tak tahu malu!".malaikat pun diusir keluar dari rumahnya.

akhirnya malaikat datang pada orang ketiga, orang yang pernah terkena penyakit buta. malaikat berkata,"hai saudaraku, aku orang yang pernah menyembuhkanmu dari penyakit buta.sekarang tolong berilah aku beberapa ekor hewan ternakmu...", tanpa berpikir lama, orang tadi berkata,"wahai kau orang tua,jika benar kau orang yang dulu pernah menyembuhkan aku, sekarang juga ambillah hewan ternakku yang kamu sukai dan tinggalkan hewan ternakku yang tidak kamu sukai."

setelah tiga kejadian tadi,si sopak dan si botak kembali menjadi pesakitan dan jatuh miskin.sedangkan si buta bertambah kaya karena sifat mulianya.

HIKMAH:
1. jadilah orang yang pandai mensyukuri nikmat allah dalam keadaan duka apalagi suka.
2. didunia ini lebih banyak orang lupa daripada orang yang ingat. karena itu kita sebagai manusia harus saling mengingatkan.agar tidak jauh dari rahmat allah, bila ada yang mengingatkan kita tentang kelakuan kita, hendaknya lihat dari perkataannya bukan dari siapa yang mengatakannya.

semoga bulan ramadhan ini kita tetap diberi kesehatan agar dapat beribadah dan bertemu lagi di hari raya idul fitri...amiiien.

wassalamualaikum.....

Tidak ada komentar: